Lafadz Doa Untuk Kedua Orang Tua/Ibu Bapak Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Sebagai anak harus berbakti kepada orang tua karena ridha orang tua adalah ridha Allah juga dan murka orang tua adalah murka Allah juga. Jangan sampai kita menjadi anak yang durhaka kepada orang tua baik itu bapak ataupun ibu. Hal itu sesuai hadis nabi yang berbunyi:


رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ
Artinya:
"Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua"  (H.R Tabrani)

Berdasarkan hadis diatas maka sebagai anak suda seharusnya wajib berbakti kepada orang tua. Salah satu kewajiban anak pada orang tua adalah dengan mendoakan orang tua baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal. Dan berikut ini adalah lafadz bacaan doa untuk kedua orang tua/bapak ibu lengkap arab, latin dan artinya/terjemahannya:


Doa Untuk Kedua Orang Tua

Doa Untuk Kedua Orang Tua/Bapak Ibu

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya:
"Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil"
Selain doa untuk kedua orang tua diatas, kita juga bisa memanjatkan doa mohon ampunan dosa kepada orang tua seperti berikut ini lafadznya:

Lafadz Bacaan Doa Mohon Ampunan Untuk Kedua Orang Tua


Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya :
"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."


Demikianlah lafadz bacaan doa untuk kedua orang tua/ayah ibu dan juga doa mohon ampunan untuk kedua orang tua lengkap arab, latin dan artinya. Selain mendoakan orang tua, jangan lupa kita juga wajib berbakti pada orang tua dan tidak boleh durhaka pada orang tua. Semoga kita bisa menjadi anak yang berbakti pada orang tua. Amin.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+