Keutamaan dan Manfaat Sedekah yang Lebih Dahsyat dari Gunung

Tahukah Anda bahwa manfaat sedekah ternyata jauh lebih dahsyat dari sebuah gunung. Keutamaan sedekah juga lebih kuat dari besi dan lebih bernilai dibandingkan air. Melalui sedekah, Islam bermaksud mengajarkan sebuah sistem tata kehidupan sosial yang saling mengasihi dan menyayangi.

Sedekah merupakan salah satu ajaran Islam yang utama dimana orang yang mempunyai kelebihan ditekankan untuk memberikannya kepada orang lain yang lebih berhak. Allah pun menggambarkan keistimewaan sedekah dalam berbagai bentuk ungkapan yang sangat dalam.

Penggambaran Tentang Manfaat Sedekah


Dalam Al Quran maupun hadist, banyak disebutkan berbagai keutamaan dan manfaat sedekah. Bahkan sedekah merupakan salah satu ajaran Islam yang sangat penting dan mulia. Salah satu ungkapan keistimewaan sedekah tertuang dalam sebuah kisah yang terdapat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Turmudzi dan Ahmad.

manfaat sedekah


Dalam proses penciptaan alam, ketika Allah menciptakan bumi, bumi pun bergetar sehingga diciptakanlah gunung hingga bumi terdiam. Malaikat pun terheran dengan penciptaan gunung dan bertanya kepada Allah, “Ya Rabb, adalah yang lebih kuat dari gunung dalam penciptaan-Mu ?”
Allah pun menjawab, “Ada, yaitu besi.”

Para malaikat pun bertanya lagi, ‘Adakah yang lebih kuat dari besi dalam penciptaan-Mu Ya Rabb ?”
“Ada, yaitu api,” jawab Allah.

Malaikat melanjutkan pertanyaannya, “Adakah yang lebih kuat dari apa dalam penciptaan-Mu ya Rabb?”

Allah menjawab, “Ada, yaitu air.”

Para malaikat bertanya lagi,”Ya Rabbi, adalah yang lebih kuat dari air dalam penciptaan-Mu?”
Allah pun menjawab lagi, “Ada, yaitu angin.”

“Adakah yang lebih kuat dari semua itu dalam penciptaan-Mu Ya Rabb? Pertanyaan dari para malaikat untuk yang terakhir kalinya.

Allah pun menjawab, “Iya, ada. Yaitu sedekah yang dikeluarkan oleh tangan kanan sementara tangan kirinya tidak mengetahuinya sebagai amalan yang dilakukan para anak Adam.”

Keutamaan Sedekah Lainnya


Sangat banyak keistimewaan dan manfaat sedekah yang disebutkan dalam Al Quran maupun diperintahkan dan diperlihatkan oleh sunah Nabi Muhammad. Diantaranya dengan sedekah kita dapat terhindar dari bencana dan berbagai bentuk mara bahaya yang senantiasi menganam kehidupan kita.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi bahwa Rasulullah shallalahi alaihi wa sallam menyatakan bahwa “Bersegeralah kamu dalam bersedekah karena bencana dan mara bahaya tak dapat melangkahi sedekah.”

Selain itu, sedekah merupakan amalan yang sangat bersifat sosial. Dengan sedekah pula berbagai sikap sombong dan angkuh akan dapat dikikis dan dihilangkan. Melalui sedekah pula akan terbangun kasih sayang sosial, tali silaturahmi, dan persaudaraan yang kuat. Seperti layaknya saudara, kita pun dapat saling melindungi terhadap berbagai kemungkinan kejahatan di sekitar kita.

Seperti dikatakan Nabi Muhammad dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tabrani bahwa Rasullullah shallalahi alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya sedekah yang dikeluarkan seorang Muslim itu akan memanjangkan umur dan dapat mencegahnya dari kematian yang buruk, dan Allah akan menghapuskan sikap sombong dan berbangga diri sebagai balasan dari sedekahnya.”

Itulah keajaiban sedekah yang dalam perlambangnya digambarkan lebih hebat dari sebuah gunung dan lebih kuat dari besi. Dengan begitu besarnya manfaat sedekah maka tak perlu lagi kita menunggu untuk diperintah dalam bersedakah karena semua keutamaan sedekah akan kembali pada diri kita yang memberikan sumbangan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+